Thursday, May 10, 2012

Si Cantik dari Klobot Jagung

Di desa Sumberharjo prambanan tempat aku melaksanakan program KKN, klobot jagung / kulit jagung sisa panen masih belum banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar. Klobot jagung hasil panen hanya digunakan untuk pakan ternak sapi, padahal klobot memiliki tekstur unik yang menurutku sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kerjaninan. Jagung yang ditanam disanan adalah jagung dengan varietas yang kurang baik … ntah apa jenisnya namun biji jagungnya selalu ompong – ompong. Jagung baru akan dipanen setelah kering dan klobotnya berwarna kecoklatan, cara memanennya hanya dengan menyobek klobot dan langsung mengambil jagungnya saja. Jadi bisa dibayangkan betapa banyaknya kulit jagung yang tak terpakai dalam sekali panen. 
Melihat klobot jagung kering sisa panen yg menggunung dan akhirnya hanya dilempar ke kandang sapi, membuatku berpikir untuk membuat sesuatu yg lebih bernilai dan berdaya jual. Setelah melakukan pertapaan, akhirnya ketemu juga idenya!! pencarian bahan utama yaitu klobot jagung pun dimulai. Inilah pengalaman pertama memanen jagung, aku dan temanku Wikan menawarkan diri untuk membantu petani memanen jagung – jagung mereka, … ya itung – itung tanda terimakasih karna kita diijinkan untuk mengambil klobot sebanyak yang kita butuhkan. Walaupun terik matahari sangat menyengat dan keringat bercucuran segedhe biji – biji jagung, tapi kita seneng banget petik sana petik sini sampe gak sadar 
kl kulit kita udah berubah warna … tanning secara alami ^_^. 
Karna klobot yang aku dapatkan sudah dalam keadaan kering,jadi bisa langsung diproses. 
Inilah beberapa kerajinan yang brhasil aku buat dari klobot jagung hasil panen sendiri. 
Yang pertama dan menurutku paling mudah untuk dibuat adalah bunga. Pewarnaannya pakai pewarna tekstil cap payung seharga 500 rupiah, klobot yang sudah dipilih lalu direbus dengan air berpewarna selama beberapa menit sampai klobot berubah warna, lalu di angin – anginkan saja. Setelah kering tinggal gunting – gunting klobot dengan pola putik berukuran kecil lalu di lem dan dibentuk bunga seperti pada gambar.
Yang kedua adalah kotak – kotak yang cantik ini.  
Untuk membuat kotak – kotak ini lumayan rumit karna selain kita harus bikin kotak kartonnya, kesulitan lain yaitu pas nempel - nempelin klobotnya. Klobot itu ukurannya macem-macem jadi agak susah untuk menyamakan ukurannya, apalagi untuk bikin kotak ini kita butuh klobot yg lebar dan panjang. Sukur - sukur dapet klobot dari jagung yg besar karna klobotnya jg berukuran lebih lebar, pilih klobot yang lebar dan tidak terlalu melengkung. 
Nahh, bagi yg di lingkungan sekitar banyak kebun jagung … bisa tuh coba minta klobotnya dan bikin kerajinan yg indah untuk kita manfaatkan sendiri atau bahkan kita jual. Dari bahan yang sederhana bahkan dari limbah jagung kita bisa bikin sesatu yg indah dan bermanfaat. Selamat mencoba ...

2 comments:

  1. muihihihi mba pipit nih dari dulu sampe sekarang tetep ya, seneng bikin2 kerajinan, hihihihi. sip2!

    ReplyDelete
  2. ya beginilah ... kata pak Yoyo, krikil aja bisa kubuat kerajinan ^_^ saking kebangetan greseknya kali ya.

    ReplyDelete

Hii ... thanks for dropped a sweet comment on my blog

= Pipit =

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...